Pages

Monday 4 November 2013

Ragam Membaca Kritis

Ragam Membaca Kritis

     Ada berbagai ragam membaca kritis tergantung pada jenis informasi seperti apa yang kita inginkan.

1. Membaca Cepat/Sekilas untuk Mencari Topik

      Kadang-kadang kita membaca bukan untuk mencari informasi yang rinci. Kita hanya ingin mengetahui
secara umum apa yang dibicarakan dalam tulisan yang kita baca. Dalam hal ini, kita tidak perlu memfokuskan perhatian kita pada bagian-bagian tertentu. Kita bisa membaca tulisan dengan cepat secara sekilas dari awal sampai akhir. Dari kegiatan membaca cepat ini kita akan mendapat ide tentang topik tulisan yang kita butuhkan.


2. Membaca Cepat untuk Informasi Khusus

     Membaca Cepat juga bisa kita lakukan kalau kita menginginkan informasih khusus dari sebuah tulisan. Perhatian kita hanya tertuju kepada bagian-bagian yang kita inginkan.Bagian-bagian yang berisi informasi yang kita tidak inginkan tidak mendapat perhatian kita.


3. Membaca Teliti untuk Informasi Rinci

     Kita mungkin juga ingin mendapatkan informasi rinci tentang suatu hal. Dalam hal ini, kegiatan membaca kita akan difokuskan pada bagian yang mengandung informasi yang kita ingin ketahui secara rinci. Begitu kita sampai pada bagian tersebut, Kita membacanya dengan teliti sampai kita benar-benar memahami informasi yang ingin kita dapatkan. Bagian-bagian lain yang tidak kita perlukan tidak perlu dibaca lebih lanjut.

demikian hasil post saya, semoga bermanfaat bagi kita semua.

2 comments: